cara membuat blog gratis di blogspot

cara membuat blog gratis di blogspot- blogging adalah kegiatan yang semakin lama semakin digemari oleh masyarakat dunia termasuk indonesia. persaingan dalam dunia per-blog-an pun tak bisa dihindari. semakin bertambahnya para penulis blog maka semakin banyak pula tulisan serta topik baru yang dibicarakan dalam blog. beberapa orang membuat blog mereka sendiri untuk mempromosikan sebuah barang ataupun menceritakan kisah hidup, berbagi ilmu, bahkan mencari keuntungan dari blog tersebut.
sebenarnya dalam membuat blog banyak sekali platform atau pemberi jasa pembuatan blog seperti : blogspot, wordpress, tumblr, dan masih banyak lagi. akan tetapi kali ini saya hanya akan membahas salah satu cara membuat blog, yaitu membuat blog di blogspot.
cara membuat blog gratis di blogspot ini ditujukan kepada orang-orang yang belum mengerti cara membuat blog. untuk itu simak baik-baik atau kalau perlu langsung di praktekan...
cara membuat blog gratis di blogspot

1. membuat akun google/email gmail
untuk membuat blog di blogspot yang paling utama adalah memiliki akun google atau email gmail. bila belum punya, maka buatlah email gmail terlebih dahulu. mengapa harus dengan email gmail.? karena blogger/blogspot hanya dapat di akses dengan email tersebut.

2. masuk ke www.blogger.com
jika sudah memiliki email gmail, maka silahkan masuk ke blogger.com atau dengan meng-klik tulisan biru di atas.
bila sudah masuk di website tersebut maka anda akan melihat gambar seperti gambar di bawah ini. isilah kolom email dan password dengan email dan password gmail anda lalu klik 'masuk'.
 

3. buat blog baru
setelah login, kamu akan dihadapkan dengan sebuah halaman, silahkan klik tombol yang bertuliskan "blog baru" di sebelah kiri, seperti pada gambar di bawah.



4. beri judul dan alamat
jika sudah melewati tahap ke 3 maka akan muncul halaman seperti di bawah ini.


keterangan:
  1. judul : di kolom yang bertuliskan "nichan-san" isikan dengan judul blog yang kalian inginkan.  lebih baik apabila judulnya sesuai dengan tema blog yang akan kalian buat nanti. tapi ini bisa diganti kapanpun setelah blog jadi.
  2. Alamat : Pada kolom ini anda harus pilih alamat blog gratisan yang belum digunakan orang lain, mislanya blogaptek.blogspot.com dan sebagainya.  Jika sudah dipesan orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning seperti yang terlihat pada gambar atau kalau belum ada yang gunakan sama sekali maka akan tampak tanda benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke step berikutnya.
  3. Template : gambar yang terlihat ini adalah bentuk tampilan blogmu nantinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa dirubah dengan yang lebih menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang didownload di situs penyedianya yang gratis.
  4. buat blog : klik tulisan tersebut untuk menyimpan tampilan serta judul yang telah kalian pilih. maka blog gratisan yang baru saja kalian buat tadi siap di isi dengan aartikel artikel atau materi yang ingin kalian sajikan.

5. menulis artikel.
tentu saja setelah memiliki blog, langkah selanjutnya adalah membuat atau posting artikel. untuk caranya akan diterangkan sebagai berikut..

A. masuk ke blogger / dasbor blog anda
pada tampilan yang menyerupai gambar di bawah, klik gambar bulpoin orange ( dalam lingkaran merah )


 B. mulai menulis/posting


 keterangan:
  1. isikan kolom nomr satu dengan judul artikel yang akan anda posting.
  2. di kolom nomr dua isilah dengan materi artikel anda. usahakan menggunakan bahasa yang baik.
  3. untuk mengatur gaya tulisan materi anda, seperti besar kecil huruf, warna huruf, ketebalan, huruf miring, dan lain lain.
  4. untuk memberi label pada postingan anda atau untuk mengelompokan tulisan berdasarkan label. cth: apabila blog anda menerangkan tentang coreldraw, maka anda dapat mengisi tabel dengan tulisan 'disain'. dll.
  5. publikasikan - untuk mempublikasikan artikel yang sudah kalian tulis secara online, dan dapat dibaca oleh semua orang.

selesaiii... kini anda dapat mulai memposting apa yang anda inginkan...
sekian cara membuat blog gratis yang dapat saya sampaikan... apabila ada salah kata saya mohon maaf. sampai jumpa di tulisan saya yang selanjutnya... tsankyu..

Related Posts:

0 Response to "cara membuat blog gratis di blogspot"

Posting Komentar